Bagaimana cara menulis yang baik ?

bagikan pada yang lain . . . ! ! !

Pernahkah anda berfikir atau bingung saat mendak memulai sebuah tulisan anda terhenti. Darimana saya harus memulainya ?.

Padahal anda telah memikirkan semuanya sebelum mulai. Namun saat tiba waktunya mencurahkan tulisan anda baik itu pada secarik kertas ataupun di depan laptop anda mulai kebingungan harus memulai dari kalimat apa.

Berikut kami sajikan tips-tips bagi anda orang-orang yang kebingungan seperti saya.wkwkwk

  1. Seperti biasa. Nyantai dulu mas bro.
  2. Mencari referensi sebanyak-banyaknya. Karna dengan referensi yang semakin banyak akan memperkaya tulisan anda. Referensi ini bisa anda dapatkan dari membaca buku, koran, menonton televisi, bahkan bercerita dengan teman-teman anda akan memperbanyak pengetahuan anda. Sepertinya ini adalah hal yang cukup mudah. Karna dalam kehidupan sehari-hari, apa yang anda lihat, anda dengar dan yang anda rasakan merupakan referensi untuk segala hal. Tergantung apa yang akan anda tulis.
  3. Yang Ini hal yang paling penting menurut saya. Tulislah apapun yang ada di benak anda. Seperti kata teman saya “tulis apa yang anda pikirkan. Dan jangan pikirkan apa yang anda tulis”. Maksudnya adalah, jangan menghakimu tulisan anda sendiri dengan begitu akan membuat anda lebih leluasa dalam tulisan anda. Tuliskan apa yang anda pikirkan dengan apapun yang anda rasakan. Tanpa ada diskriminasi terhadap tulisan anda. Saya memegang sebuah prinsip dalam hal penulisan, “aku berkuasa mutlak daam tulisanku. Aku menciptakan duniaku sendiri dalam selembar kertas. tanpa diskriminasi”

Nah, dari tiga hal tersebut adalah hal yang bisa kita lakukan. Karna itulah mengapa saya heran mengapa banyak orang menganggap menulis itu susah, ribet dan kebanyakan orang beranggapan bahwa menulis membutuhkan keterampilan dan hanya orang-orang yang memiliki keterampilan saja yang bisa menulis.

Bagi saya ini adalah anggapan yang salah. Bagi saya menulis itu hal yang paling mudah sedunia namun di perumit dengan anggapan-anggapan yang mengharuskan kita berfikir sehingga memberatkan kepala kita dan menjadikan kata “tulis” itu jadi hal yang paling rumit sedunia. Bagi saya menulis itu artinya menciptakan dunia sendiri tanpa diskriminasi. Anda berkuasa mutlak dalam tulisan anda, karna apa yang anda tuliskan adalah hasil dari pengolahan otak anda sendiri tak boleh ada diskriminasi orang lain.

Itulah mengapa saya mengatakan bahwa menulis itu tak butuh diskriminasi dari orang lain.

Namun setelah tulisan anda selesai dan di publikasikan maka disitulah letak dan nilai sebuah tulisan. Tulisan yang dapat membuat pembacanya bisa berkomentar adalah tulisan yang membuat orang lain dapat membuka pikirannya. Tulisan tersebut adalah tulisan yang sukses.

Itu hanyalah sebagai motivasi untuk penulis pemula. Namun bagi orang-orang yang memang menggilai dunia pemnulisan mungkin akan mendapatkan metode-metode baru dalam hal tulis menulis.

Dan jika anda sudah terampil menulis, maka dengan sendirinya anda akan menemukan sendiri teknik yang baik dalam menulis yang cocok untuk anda dan tentunya dengan gaya tulisan anda sendiri.

So. take the paper. And write. This easy you now.

bagikan pada yang lain . . . ! ! !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares